8 Desember, Peringati Hari Perginya Vokalis The Beatles, John Lennon

Ini hari 39 tahun kemarin, anggota group The Beatles John Lennon ditembak mati oleh satu orang fansnya di New York City pada 8 Desember 1980. Group musik The Beatles merupkan group musik rock yang datang dari Kota Liverpool serta terkenal di tahun 1960-an.

Penembakan berlangsung waktu vokalis berumur 40 tahun itu masuk gedung apartemen mewahnya di Manhattan. Ialah Mark David Chapman, pria yang tembak John Lennon dengan revolver kaliber 38 dari jarak dekat sekitar 4x shooting. Sempat dibawa ke rumah sakit, Lennon pada akhirnya tutup umur diperjalanan karena pendarahan hebat.

Selain itu, Chapman yang awalnya terima tanda-tangan dari Lennon, masih ada di tempat penembakan sampai dia diamankan polisi. Sepanjang 1 minggu, fans Lennon di semua seluruh dunia lakukan demo berkabung atas wafatnya pujaan mereka. Dalam group The Beatles, John Lennon ialah vokalis sekaligus juga penulis sejumlah besar lagu dari The Beatles.

Katalisator Prima The Beatles mulai mengguncangkan Inggris tahun 1963 saat single “Please Please Me” dikeluarkan. Tidak perlu waktu lama, setahun selanjutnya Beatlemania, panggilan buat fans The Beatles, sudah menebar sampai ke Amerika Serikat bersamaan diluncurkannya lagu “I Want to Hold Your Hand” serta diikuti tur ke negeri Paman Sam itu pada tahun 1964.

Begini Cara Membuat Mainan Alat Musik Untuk Balita

The Beatles dipandang seperti katalisator prima buat pergantian lanscape budaya pemuda yang kaku di tahun 1950-an. Tidak bingung bila banyak pemuda yang benar-benar ketertarikan dengan kedatangan The Beatles. Di tahun yang sama, group band beranggotakan empat orang itu sudah jual juta-an rekaman dari album “A Hard Day’s Night” (1964).

Kejeniusan dalam tulisan lagu disadari oleh beberapa kritikus jadi aspek khusus kepopuleran mereka. Lennon dipandang seperti figur penting serta paling vokal antara ke empat anggota yang lain. Dia memunculkan pro-kontra besar saat menjelaskan jika The Beatles lebih terkenal dibanding Yesus.

Perkataan itu juga menyebabkan pembakaran massal album-album The Beatles di American Bible Belt. Lennon selanjutnya jadi aktivis anti-perang serta mulai main-main dengan komunisme, seperti lagu ciptaannya “Imagine” yang direkam sesudah The Beatles buyar pada tahun 1970.

Di tahun 1975, Lennon putuskan untuk keluar dari industri musik serta makin banyak habiskan waktunya di negara kelahirannya Jepang bersama dengan anak serta istrinya. Lima tahun selanjutnya, 1980, dia kembali dengan album “Double Fantasy”, satu album untuk mengutarakan kesenangannya pada Yoko, istrinya.

Pada 8 Desember 1980, keselarasan rumah tangga mereka dihancurkan oleh Mark David Chapman, pria berumur 25 tahun yang tembak mati Lennon. John Lennon diabadikan dalam “Strawberry Fields”, sisi dari Central Park yang diatur sendiri oleh Yoko untuk menghargai mendiang suaminya.