Jokowi Ngakak di Pertunjukan Musik Jan Ethes

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri untuk lihat atraksi sang cucu, Jan Ethes. Akhir minggu lalu, Jokowi bersama dengan Iriana temani anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka untuk melihat tindakan Jan Ethes di sekolahnya.

Merilis video dari kanal YouTube Sekretariat Negara, Jan Ethes yang dimasukkan sekolah musik melakukan atraksi menarik. Ethes yang sekarang berumur 3,5 tahun menari bersama dengan teman-temannya. Dalam atraksi itu, Ethes lakukan beberapa gerakan sesuai lirik lagu, Bun. Seperti ikuti pergerakan pesawat, bulan, serta matahari. Disudahi dengan pergerakan sedang tidur saat hari telah malam.

Walau tidak selincah pergerakan teman-temannya, kelucuan Ethes masih menarik perhatian beberapa orang yang melihat. Jokowi sampai ketawa terpingkal-pingkal lho, Bun. Tidak tertinggal, kakek dua cucu itu memberi supportnya untuk pendidikan musik pada beberapa anak. Disibak Jokowi, musik benar-benar bagus untuk perkembangan beberapa anak.

Bingung Ditaksir 2 Cowok, Shella O Tiba-tiba PMS

“Musik jadi rekan beberapa anak benar-benar bagus untuk perkembangan mereka. Musik memberi warna dalam rasa, nanti ke depan beberapa anak kita mempunyai satu rasa toleransi, rasa sama-sama menolong dengan teman-temannya, sama-sama tolong membantu dengan teman-temannya. Musik ialah wahana yang benar-benar baik dalam membuat toleransi persahabatan beberapa anak dengan teman-temannya,” papar Jokowi.

Mengajarkan beberapa anak menyanyi serta bermain musik bisa tingkatkan perubahan sensorik. Sama dengan rasa, struktur, serta warna yang bisa menolong perubahan sensorik si kecil. Mengajarkan beberapa anak beberapa macam musik, bisa membuat banyak jalan antara beberapa sel di otak mereka. Dampak ini makin bertambah saat Bunda memberikan tambahan musik ke beberapa kegiatan seperti menari.

Sedang menurut penjelasan di Today’s Parent, satu studi pada 2012 di Kampus McMaster tunjukkan jika bayi yang berperan serta dalam kelas musik dengan orangtua mereka di tahun pertama kehidupannya, semakin lebih banyak tersenyum, berkomunikasi lebih baik, serta tunjukkan tanggapan otak yang lebih dini serta lebih hebat pada musik.

“Lewat kelas-kelas musik langsung, bayi hadapi pekerjaan yang menolong meningkatkan ketrampilan motorik mereka (seperti merayap serta mendapatkan beberapa benda), ketrampilan bahasa serta ketrampilan sosial yang semua merangsang otak mereka,” papar Laurel Trainor, penulis studi serta direktur McMaster Institute for Music and the Mind.