Patung Kelinci Karya Seniman Termahal Laris Terjual Rp 1,3 Triliun

Patung kelinci bernama Rabbit karya seniman Jeff Koons sukses terjual sebesar USD 91,1 juta atau Rp 1,3 triliun (USD 1 = Rp 14.435). Ini jadikan Koons jadi seniman hidup yang karyanya paling mahal di dunia. Diadukan AFP, Rabbit di jual oleh rumah lelang Christie di New York. Awalnya, Christie sempat membuat pelukis David Hockney asal Inggris jadi seniman termahal. Harga patung Rabbit yang fenomenal menaklukkan harga mahakarya Koons awalnya bernama Balloon Dog (Orange) yang laris terjual USD 58,4 juta pada tahun 2013. Karya itu jadikan Koons jadi seniman termahal di dunia sebelum digeser lukisan Hockney tahun kemarin.

Sebenarnya, “Rabbit” mempunyai harga USD 80 juta (Rp 1,1 triliun). Tersisa USD 11,1 juta (Rp 160,7 miliar) datang dari komisi serta fee. Patung setinggi 1,04 mtr. ini dibikin pada tahun 1986. Pemilik awalnya ialah S. I. Newhouse, pimpin Conde Nast sebagai penerbit majalah kultur seperti The New Yorker, Vogue, serta Vanity Fair. Jeff Koons adalah seniman postmodern (pascamodernisme) yang populer karena karya seni berupa hewan yang dibuat dari staniless steel. Memiliki bentuk juga tidak kaku, tetapi seolah patung itu dibuat dari balon.

Baca juga : SENIMAN INI BUAT BUNGA SERTA DAUN JADI BENTUK BINATANG, 7 POTRETNYA MENGAGUMKAN

Karya populer yang lain ialah Gazing Ball, yaitu berbentuk bola biru yang dia “selipkan” ke beberapa lukisan serta pahatan classic. Karya Jeff Koons merambah ke industri pop. Dia pernah membuat patung Michael Jackson and Bubbles yang polemis, serta sempat bekerjasama dengan Lady Gaga untuk albumnya berjudul Artpop.