Suara Merdu Suling Nusantara Akan Sejukan Negeri Kanguru

Suara merdu yang indah suling Nusantara siap melenakan publik Australia dalam tempo dekat. Demikian berita yang dikatakan oleh pemain alat musik tiup dari Pulau Dewata, Gus Teja, pada awak wartawan. Waktu didapati di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, tempo hari (15/10), Teja mengatakan siap menyuguhkan datasgp musik flute atau suling di Sydney, Australia, mulai 11 November 2015.

“Jadi saya akan main di Sydney, pada 11 November kelak,” kata pria kelahiran April 1982 ini pada CNN Indonesia. “Saya akan pergi bersama dengan tujuh anggota group musik saya, Gus Teja World Music.” Tidak cuma satu hari saja Teja dkk tampil di Sydney, tetapi lima hari beruntun. Gus Teja World Music pun tidak tampil sendirian, sebab band-band lokal Sydney juga siap berlaga di satu panggung yang sama.

Selama ini, Teja belum tahu nama acara musik yang menyertakan kelompoknya itu. Tetapi dia pastikan, Gus Teja World Music akan mengenalkan musik Nusantara, bukan semata-mata Bali. “Kelak bukan sekedar suling yang akan saya mainkan, tetapi anggota band saya akan mainkan alat musik gamelan serta alat musik tradisionil yang lain,” Teja memberikan tambahan. Gus Teja World Music akan mengombinasikan musik tradisionil Indonesia dengan musik Barat. Bukan sekedar suling ciri khas Indonesia, flute asal luar negeri akan dipertunjukkan.

Baca juga : TIDAK BIASA! KARYA SENI BARAT YANG DIPENGARUHI ISLAM DIPAJANG DI INGGRIS

“Saya dapat juga bermain suling ciri khas native American flute, lalu pan flute dari Amerika Selatan, selanjutnya ada juga yang namanya ocarina flute,” ia bercerita dengan penuh semangat. Pria yang mempunyai nama panjang Agus Teja Sentosa ini mengawali karienya semenjak 2008. Saat itu, dia serta teman-temannya membuat suatu group musik di Ubud, Bali. Selama profesinya, Teja telah mempunyai tiga album yang mengangkat alunan merdu suling. Ke-3 album itu ialah Rhythm of Paradise, Flutes for Life , serta yang paling gres, Tingkah Egar.

Semenjak itu, Teja sering berkunjung di pagelaran musik terkenal di beberapa negara, seperti di Malaysia serta Korea Selatan. Teja sendiri telah jadi artis berlangganan di acara-acara berprestise di tanah kelahirannya, Bali. Jadi “pemanasan” mendekati pertunjukan di Sydney, Teja dkk tampil di acara Nusa Dua Fiesta 2015, pada 10 Oktober 2015 lalu, selanjutnya Teja dkk siap menyemarakkan Pemuteran Bay Festival pada 23 Oktober 2015 akan datang.