Team Sendratari Roro Jonggrang Akan Mucul Di China Malam Ini

Yang dibawakan 29 mahasiswa dari beberapa negara, tampil di Kota Harbin, Cina, Minggu malam (09/9/2016). Pertunjukan itu adalah sisi dari pekerjaan patut seni serta budaya yang teratur diselenggarakan Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT) Harbin tiap tahun. Seperti panggung seni serta budaya yang sudah pernah diadakan, lakon Roro Jonggrang yang dikemas berbentuk teaterl musikal menyertakan pelajar asing.

Pertunjukan itu menyertakan 29 mahasiswa, 16 salah satunya dari Thailand, Cina, Bangladesh, Rusia serta Nigeria. “Untuk tiap pekerjaan panggung seni serta budaya, kami memang menyertakan rekanan dari negara lain, sebab mahasiswa Indonesia ‘kan pun tidak banyak. Demikian megabola99 juga bila barisan mahasiswa negara lain membuat pekerjaan sama, kami diikutsertakan. Sama-sama menolong,” papar Ketua PPIT Harbin, Herline.

Pertunjukan diperlengkapi dengan pencahayaan, tata suara, serta pengaturan panggung, terhitung latar panggung bersuasana Balairung Kerajaan Baka, serta beberapa ribu candi terhitung kompleks Candi Prambanan. Lakon itu dipertunjukkan dalam bahasa Inggris dengan subtitle bahasa Mandarin yang dipertunjukkan di monitor LED disamping kanan serta kiri panggung, untuk mempermudah pemirsa mengerti jalan cerita.

Baca juga : LUKISAN CARAVAGGIO YANG DIKETEMUKAN DI LOTENG AKAN DILELANG RP 2,5 T

Atase Pendidikan KBRI Beijing Priyanto Wibowo menjelaskan lakon Roro Jonggrang hanya sejumlah kecil dari narasi legenda Indonesia. “Indonesia mempunyai macam budaya yang kaya, demikian juga legenda budaya yang dipunyainya. Roro Jonggrang tidak dapat sebagai wakil kebudayaan Indonesia yang benar-benar bermacam,” tuturnya.

Priyanto memberikan tambahan, “Bila ingin lebih kenal keragaman budaya Indonesia, karena itu warga terhitung mahasiswa Harbin bisa menanyakan pada warga atau mahasiswa Indonesia di Harbin,”. Pertunjukkan Roro Jonggrang dengan diawali menyanyikan lagu berkebangsaan Indonesia Raya di Pusat Pekerjaan Mahasiswa Instititut Tehnologi Harbin, serta didatangi seputar 200 mahasiswa dari beberapa negara. (Di antara)