Tidak Biasa! Karya Seni Barat yang Dipengaruhi Islam Dipajang di Inggris

Museum Inggris akan memajang karya-karya seniman Barat yang dipengaruhi oleh Islam Oktober akan datang. Untuk kali pertamanya, eksibisi ‘Inspired by the East, How the Islamic World Influenced Western Art’, dibuka pada 10 Oktober 2019 sampai 26 Januari 2020.

Pameran besar yang tampilkan karya-karya seni orientalisme itu berkembang pada era ke-19 serta ke-20. Karya-karya itu mengaburkan batas di antara fantasi serta Rajapoker fakta dan pandangan stereotip mengenai Timur. “Orientalisme ialah komponen penting di dunia seni rupa serta sesuai dengan isme yang lain seperti surealisme serta impresionisme,” tutur kurator pameran Olivia Threlkeld, dilanisr beberapa sumber, Rabu (17/7/2019).

Baca juga : GADIS TUNARUNGU INI MEMBUAT LUKISAN 3D DI TANGAN, 7 HASILNYA KREATIF SEKALI

Ada lukisan era ke-16 dari beberapa sultan Ottoman, karya penting pelukis orientalis era ke-19 seperti Eugène Delacroix, John Frederick Lewis, serta Frederick Arthur Bridgman. Dan karya photografi, teater, perhiasan, musik, baju sampai keramik. Contoh seniman Inggris Edmund Dulac untuk edisi ‘Arabian Nights’ juga akan dipajang. “Ini ialah peluang langka di Inggris untuk lihat karya seni penting dari museum paling besar di Asia Tenggara yang diperuntukkan untuk seni Islam. Dan lihat efek orientalisme di riwayat seni serta warisannya ini hari,” ujarnya.