Trick Balawan ‘Meracuni’ Pasar Musik Pop

Jadi satu diantara musisi kawakan di Indonesia, yang pelestari musik tradisionil, Balawan mempunyai langkah tertentu memperkenalkan datasgp musik tradisionil antara serangan musik pop asing. “Saya tetap tawarkan pilihan atau ‘meracuni’ orang jika musik pop atau Top 40 itu asik jika dibawakan dengan gamelan,” kata Balawan pada Indonesia saat didapati di acara Meja Bulat Musik di Teater Luwes Institut Kesenian Jakarta, Cikini, belakangan ini. “Bahasanya: musik komersil mengongkosi musik ideologis.”

Karenanya, setiap saat terima penawaran untuk berpentas di beberapa acara korporat, Balawan ajukan penawaran: bersedia tampil asal diperbolehkan bawa pasukan gamelan Bali kepunyaannya. Musisi pakar gitar dua leher ini akui seringkali terima penawaran manggung untuk mainkan lagu-lagu popular yang menempati tempat pucak tangga lagu dunia seperti Top 40. Tetapi jadi musisi yang mempunyai ideologi musik tertentu, Balawan tidak ingin sebatas bermain membawakan karya orang, ditambah lagi bila sentuhannya “bukan Balawan.”

Baca juga : MEGABOLA99 JUDI POKER ONLINE TERAMAN DI INDONESIA

“Saya tetap mengusahakan bermain 50:50, tapi sebenarnya 40 % musik sendiri, 60 % karya orang,” kata Balawan sambil ketawa. “Tapi selama ini, orang senang sebab unik.” Pembagian bagian itu dikerjakan Balawan bukan tanpa ada fakta. Musisi yang seringkali tampil di panggung-panggung off-air ini mengerti, musik memerlukan uang untuk kelangsungannya. Menurut Balawan, banyak musisi di Bali yang telah begitu bergantung dengan kehadiran penawaran manggung untuk kelangsungan hidup mereka. Tetapi, jika mereka kokoh mainkan lagunya sendiri, tragisnya penawaran itu tidak segera hadir.

Keadaan itu diperparah dengan kompetisi antar musisi lokal, sebab jumlahnya musisi atau sanggar yang menyiapkan beberapa penawaran harga manggung. Perang harga tidak terelakkan berlangsung. “Semestinya ada biaya yang pasti pada beberapa musisi,” tuturnya. “Jika di Australia, itu ada musician union yang mengendalikan harga minimum musisi tampil, entahlah di pub atau di panggung mana juga.”

Selama ini, trick Balawan memadupadankan musik popular dengan karya gamelan cukup sukses untuk memberikan makan buat dirinya, rekan-rekan musisinya. Paling tidak, Balawan tunjukkan satu diantara langkah win-win solution melestarikan budaya sendiri tanpa ada kehilangan pasar.